Kapolri: Mentan Amran Sahabat Saya, Kami Dukung Penuh Swasembada


JAKARTA - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendukung penuh gebrakan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam mewujudkan swasembada pangan melalui solusi cepat pompanisasi dan optimalisasi. Kapolri mengaku optimis langkah tersebut dapat terealisasi mengingat Amran merupakan pakar yang mengerti dan tahu cara mewujudkannya.

"Saya menyambut baik kerjasama ini dan saya juga mendukung penuh apa yang dilakukan Pak Menteri selama beberapa bulan ini. Pak Mentan sahabat saya dan saya dukung swasembada pangan," ujar Kapolri saat memberi sambutan pada Nota Kerjasama Kementan-Polri di Auditorium Utama Kementan, Kamis, 25 April 2024.

Menurut Kapolri, Mentan Amran merupakan pemimpin yang memegang teguh prinsip dan idealisme terhadap peningkatan produksi dalam negeri. Hal ini terlihat pada berbagai kebijakan dan langkah-langkahnya yang selalu anti terhadap importasi.

"Pak Mentan ini sejak jaman dulu anti impor. Jadi kalau sudah urusan Mendag atur kebijakan impor habis itu mendag. 3 Mendag habis karena beliau. Artinya beliau anti impor dan mengedepankan peningkatan produksi," katanya.

Kapolri menambahkan bahwa pihaknya siap mem backup dan mendukung berbagai kegiatan Kementan melalui pengerahan para Kapolda, Kapolres hingga anggota Babinkamtibmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Kami memiliki personil-personil yang bisa digunakan seperti Kapolda dan Gubernur, Kapolres bersama Bupati dan ada Babinkamtibmas maupun Brimob yang sudah menggarap tanaman jagung. Oleh karena itu, Pak Presiden berpesan kita harus kerja keras betul menghadapi situasi ini agar masalah pangan ini bisa kita pecahkan bersama," katanya.

Sebagai langkah nyata, Kapolri mengatakan saat ini sedang dilakukan pengolahan lahan di berbagai daerah khusus tanaman jagung. Contoh, Jajaran Polda Yogyakarta sudah menyiapkan lahan 100 hektare untuk mensupport peningkatan produksi jagung.

"Di Yogyakarta kemarin pak Kapolda akan memberikan lahan 100 hektare untuk mensupport apa yang menjadi kebijakan Presiden yang secara teknis dijalankan pak Mentan," katanya.

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan terimakasih atas dukungan Kapolri terhadap jalannya pembangunan pertanian nasional. Dia mengatakan dukungan tersebut adalah energi bagi tumbuh kembangnya masa depan pertanian Indonesia.

"Alhamdulillah kami kedatangan tamu istimewa. Ini adalah energi baru pertanian, di mana saat ini kita lakukan akselerasi percepatan pangan. Alhamdulillah pak Kapolri mensupport penuh pertanian di seluruh tanah air," jelasnya.




Berita Lainnya