Bawang Putih Temanggung Potensi Kuasai Nusantara


Temanggung - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menghadiri acara panen raya bawang putih dan gerakan tanam cabai di Desa Petarangan, Temanggung, Jawa Tengah (12/4). Acara panen raya yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, Bupati Temangguung, Bambang Sukarno, Komite II DPD-RI Denty Eka Widi serta Perwakilan Pangdam IV Diponegoro.

Amran dalam sambutannya menyampaikan  bawang putih harus dilindungi, tidak boleh impor bawang putih, karena ini untuk melindungi jutaan petani. "Saya tidak akan biarkan impor produk pertanian masuk, mulai  bawang merah, jagung dan beras, dan kita bisa buktikan kita mampu berswasembada tegas Amran. Lebih lanjut menambahkan bantuan untuk pengembangan  budidaya bawang putih untuk Temanggung sudah ditingkatkan dari 1 milyar menjadi 15 milyar. Mentan menargetkan tahun 2017 luas tanam bawang putih di temanggung seluas 800 Ha, 2018 seluas 10.000 Ha dan 2019 target tanam seluas 20.000 Ha.

Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko menyampaikan sangat mengapresiasi Menteri pertanian dalam mengelola pertanian, " cara kinerja Pak Menteri sangat cocok dengan Presiden Jokowi, yaitu Kerja, Cepat, Berani dan Berhasil". Kinerja inilah yang mampu mengantar Indonesia mampu berswasembada pangan. Untuk itu semua pihak agar mendukung program pengembangan pertanian nasional. Heru menambahkan, arahan  Menteri kepada Bulog  untuk membeli bawang merah dengan harga 15.000/Kg sangat diapresiasi.saat ini harga pembelian  bawang merah ditingkat petani sebesar 8.000/Kg. 

Bupati Temanggung Bambang Sukarno dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Temanggung saat ini menjalin kerja sama dengan  Balai Penelitian Teknologi Pertanian (BPTP) dalam hal pengembangan bawang merah untuk menghasilkan bawang  dengan kualitas seperti bawang dari Brebes.

Dalam kesempatan tersebut Mentan juga menyerahkan bantuan secara simbolik Alat dan Mesin Pertanian berupa hand traktor G1000 sebanyak 3 unit kepada kelompok tani Mulyo Desa Kentengsari, hand traktor rotary 4 unit kepada kelompok tani Kulon Omah Desa Padureso, sepeda motor roda tiga 17 unit untuk kelompok tani Gembok Rejo Desa Tanggulanom Kecamatan Selopampang, cultivator 22 unit untuk  kelompok tani Ngudi Rahayu Desa Pagergunung Kecamatan Bulu, benih cabai keriting seluas 20 hektar untuk kelompok tani Swanbin Jaya Desa Campurejo Kecamatan Tretep dan benih cabai rawit 20 hektar untuk kelompok tani Amanah Makmur Desa Petarangan Kecamatan Kedung.




Berita Lainnya