2016 Ternak Sapi Inseminasi Buatan Jatim Telorkan Rekor MURI


Lamongan - Bersamaan dengan pelaksanaan panen pedet hasil Inseminasi Buatan Nasional di Kabupaten Lamongan, MURI menganugerahkan rekor panen pedet (anakan sapi) dengan jumlah terbanyak kepada Provinsi Jatim.

Piagam penghargaan dari MURI tersebut diserahkan langsung kepada Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Gubernur Jatim Soekarwo dan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim. 

Manajer MURI Sri Widayati dalam sambutannya mengatakan, penghargaan sebagai pemecah rekor ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. 

Pasalnya, beberapa waktu yang lalu juga sudah pernah disampaikan piagam penghargaan atas pemecahan rekor untuk ternak lainnya. 
"Kami akan serahkan langsung piagam ini kepada penyelenggara, yaitu Menteri Pertanian, Gubernur Jatim dan Kepala Dinas Peternakan Jatim," katanya, Sabtu (8/10/2016).

Pengesahan rekor MURI ini, menurut Sri, setelah dilakukan pencatatan yang menunjukkan kalau Jatim telah memecahkan rekor MURI untuk prestasi panen hasil inseminasi buatan terbanyak, yaitu sebanyak 2016 ternak sapi.

"Kami sudah mensahkan prestasi Jatim sebagai provinsi terbanyak yang mengikuti inseminasi buatan," terangnya.

Kabupaten Lamongan menjadi tuan rumah event nasional Panen Pedet 2016 dan Pencanangan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). 

Acara yang digelar di kawasan Waduk Gondang ini dihadiri 4 menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jatim Soekarwo dan Bupati Lamongan Fadeli, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi dan Asisiten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Komarudin Simanjutak. 

Empat Menteri KIB yang hadir ini yaitu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggar Tyasto Lukito dan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro sanjoyo.

Dalam acara yang dihadiri Kepala Daerah se Jawa Timur ini dipanen 5000 ekor pedet, 2000 pedet tersebut adalah pedet dari peternak Lamongan. 

Gubernur Soekarwo dalam sambutannya mengatakan, Jatim siap untuk menjadi provinsi yang berswasembada sapi. Selain itu, Soekarwo juga berharap agar pemerintah semakin memberi keringanan dan kemudahan kepada para peternak dalam menunggu masa merawat ternaknya. 

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dihadapan peternak sebelum temu wicara panen pedet dengan peternak mengatakan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1 Triliun untuk inseminasi buatan bagi para peternak. 

Sementara Menteri Koperasi dan UKM dalam sambutannya mengatakan, hadirnya 4 menteri secara bersamaan di Lamongan ini menunjukkan kerjasama antar menteri dalam melahirkan kebijakan yang berpihak kepada peternak. 

"Kami juga sedang menyiapkan regulasi untuk peternak susu sapi bersama-sama dengan menteri-menteri terkait," katanya. 
(ugik/ugik)

Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3316175/2016-ternak-sapi-inseminasi-buatan-jatim-telorkan-rekor-muri




Berita Lainnya