Undang KNPI Berkiprah di Sektor Pertanian, Wamentan Ingin Pemuda Bawa Perubahan

Rabu, 24 Juli 2024 07:44:25 Yovan


JAKARTA, (23/7) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengundang seluruh kader terbaik Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI untuk berkiprah pada sektor pertanian Indonesia guna mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

Menurut Sudaryono, KNPI memiliki kekuatan besar dalam memajukan sektor pertanian karena basis kepemudaan mereka ada di semua daerah. Dia berharap, pertanian di tangan KNPI jauh lebih kuat sehingga Indonesia terhindar dari berbagai krisis global.

"Semua yang berada di bawah KNPI kami mengundang untuk bisa berkiprah di sektor pertanian. Kami mengundang tapi saya batasi tidak untuk mereka hang mengimpor-impor barang, justru kalau bisa kita menciptakan barang dengan menanam produk-produk pertanian dalam negeri," ujar Wamentan saat menghadiri Hari Lahir (Harlah) KNPI ke 51, Selasa, 23 Juli 2024.

Wamentan mengatakan pemerintah siap memfasilitasi kemauan pemuda yang siap terjun ke sektor pertanian. Sebagai contoh, kementan telah menyiapkan sistem pertanian modern dengan memanfaatkan deretan alat mesin pertanian (alsintan) canggih.

"Apa-apa yang bisa kami fasilitasi sebagai dukungan pemerintah kepada kelompok pemuda, kepada kaum muda, kepada kawula muda yang ingin berkiprah dalam meningkatkan produksi pangan kita di bidang pertanian kami akan siapkan."

Mengenai hal ini, Wamentan meyakinkan bahwa sektor pertanian adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin terlibat. Di sana, banyak potensi ekonomi yang bisa menambah pundi-pundi. Apalagi, pertanian saat ini sudah menggunakan remote control hingga combine harvester.

"Barangkali bayangannya pertanian itu kotor mungkin, tapi di balik kotor-kotor itu ada gelimang rupiah dan dollar yang Insya Allah saya pastikan itu jangan dikira yang kotor-kotor itu uangnya lebih sedikit daripada yang rapi-rapi saya pastikan kadang-kadang yang bau-bau matahari kalau dia sukses saya jamin uangnya atau pendapatannya lebih besar," katanya.

Wamentan menambahkan bahwa keberlanjutan sektor pertanian dibawah pimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan melanjutkan pembangunan yang sudah dikerjakan Presiden Joko Widodo.

"Saya kira kita semua sepakat bahwa keberlanjutan pemerintahan Pak Jokowi yang akan dilanjutkan oleh Presiden terpilih kita Prabowo Subianto salah satunya adalah hilirisasi. Dan hilirisasi adalah proses penambahan nilai tambah sumber daya kita yang harus diolah oleh rakyat kita," jelasnya.




Berita Lainnya