Jelang Idul Fitri, Kementan Pastikan Stok Pangan di Banten Aman


Serang (15/4) - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memantau ketersediaan bahan pokok pangan jelang Idul Fitri 1444 H.  Untuk memastikan ketersedian stok 9 bahan pokok (sembako) komoditas pangan strategis, Inspektur Jenderal, Jan S Maringka, didampingi Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah turun langsung memantau stok pangan ke pasar-pasar tradisional di sekitar Serang, Banten. Hal Ini merupakan salah satu bentuk komitmen Kementan untuk menjaga ketahanan pangan. 


Jan Maringka mengungkapkan bahwa stok sembako terpantau aman, ada kenaikan harga tapi tidak signifikan, karena minat pembeli yang meningkat. Jan Maringka telah meminta pihak terkait untuk terus memantau ketersediaan stok dan mengontrol harga agar sesuai dengan harga eceran tertinggi. 

Berbagai upaya juga telah dilakukan Kementan agar bahan pangan pokok tetap tersedia. Salah satunya dengan menggelar pasar tani dan bazar kebutuhan pokok di Kantor Pusat Kementerian Pertanian. “Kita harapkan dengan ketersediaan  bahan pokok, masyarakat bisa menghadapi lebaran dengan suka cita,” ujar Jan Maringka.

Di waktu yang bersamaan, Sekretaris Itjen dan para Inspektur Lingkup Inspektorat Jenderal Kementan juga memantau ketersediaan bahan pangan di Tangerang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Cilegon. Adapun lokasi pasar yang di kunjungi meliputi Pasar Baros, Pasar Kranggot, Pasar Badak,  Pasar Cadasari, Pasar Rangkas Bitung , Pasar  Modern dan Pasar Sepong serta agen-agen grosir bahan pokok setempat.



Berita Lainnya