Wamentan Nilai Area Green Farm di Karawang Bentuk Kolaborasi Pertanian dan Teknologi


Karawang - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mengatakan area green farm di kawasan Batamindo Green Farm merupakan bentuk kolaborasi antara pertanian dengan teknologi. Hal ini disampaikan saat mendampingi Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin meninjau area green farm di Kawasan Batamindo Green Farm atau Singapura Fresh Green Makmur di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (15/9/2022).


Wamentan Harvick pun berharap agar keberadaan Batamindo Green Farm ini dapat mendukung sektor hilirisasi pertanian. Sebab, selain memproduksi sayuran, area green farm ini juga melakukan packing siap jual.

"Selain dapat membantu mengendalikan inflasi pangan, area green farm ini juga dapat mendorong upaya hilirisasi pertanian," ujar Wamentan.

Sebelumnya, Wapres Maruf Amin menyampaikan kunjungan kerjanya di Batamindo Green Farm ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Selain itu, ia berharap keberadaan pertanian modern ini juga dapat menjaga ketersediaan pangan serta membuka lapangan pekerjaan di sektor pertanian. 

"Diharapkan dengan hadirnya Batamindo Green Farm di tengah-tengah masyarakat, mampu menjadi produsen bahan pangan yang stabil dengan harga terjangkau, tidak merusak lingkungan, menjaga ketersediaan pangan, dan menambah lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia," kata Wapres.

Di tempat yang memproduksi sayuran ini, Wapres didampingi Wamentan Harvick turut melihat langsung proses tanam, pengemasan hingga distribusi dengan memanfaatkan teknologi hidroponik. 

Dalam kunjungannya tersebut, Wapres turut didampingi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar, Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arie Wibowo, serta Bapak Franciscus Welirang.

Sebagai informasi, Batamindo Green Farm adalah pertanian hidroponik terbesar dan modern di Indonesia yang menghasilkan produk segar dengan standar kualitas tinggi dan memanfaatkan teknologi pertanian modern yang canggih dan tepat.

Produk sayuran tersebut diantaranya Bayam Bulat, Merah, Lancip, Selada hijau, Kailan, Selada Butterhead, Sawi Pahit, Kale cabe merah kriting, hijau dan Tomat yang dipasarkan dalam dan luar negeri.



Berita Lainnya