6 Produk Turunan Sawit Asal Riau Mampu Bersaing di Pasar Global


Pekanbaru – Riau merupakan provinsi penghasil kelapa sawit terbesar di Indonesia dan menjadi sentra industri sawit utama saat ini. Bagi masyarakat Riau kelapa sawit merupakan tanaman primadona karena merupakan salah satu penggerak ekonomi rakyat.
 
Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Pekanbaru mencatat adanya peningkatan permohonan fasilitasi ekspor yang cukup signifikan, khususnya komoditas sub sektor Perkebunan berupa 6 produk turunan kelapa sawit seperti  RBD (Refined Bleached Deodorized) Palm Olein, Palm Kernel Oil, RBD Palm Stearin, RBD Palm Oil, bungkil sawit (Palm Kernel Expeller) dan cangkang kelapa sawit  sejumlah 1.283.251 ton  dengan nilai ekonomis  Rp. 6,7 triliun pada triwulan pertama tahun 2020.
 
Hal ini meningkat 150 persen dibanding periode sama tahun 2019 yang hanya berhasil membukukan sebanyak 829.593 ton dengan perolehan nilai ekonomi Rp. 5,5 triliun. Kenaikan volume yang signifikant terjadi pada kondisi ekonomi yang melemah akibat wabah pandemi.
 
“ Ekspor Komoditas Produk kelapa sawit  asal Riau ini, menunjukkan hasil menggembirakan dari tahun ke tahun, karena mampu bersaing di pasar global, terutama pada kondisi ekonomi yang melemah akibat wabah pandemi tetap jadi unggulan negara ekspor, “ ungkap Rina Delfi, Kepala Karantina Pertanian Pekanbaru melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/5).
 
Menurut Rina, keberhasilan produk kelapa sawit ini mampu bersaing di pasar global merupakan pencapaian penting, karena  negara tujuan ekspor tersebut membuat persyaratan yang ketat harus memenuhi persyaratan  Import Health Standar (IHS).
 
Lebih lanjut Rina menerangkan, untuk memastikan produk pertanian dapat diterima di negara tujuan, secara rutin Karantina Pertanian Pekanbaru memberikan bimbingan teknis pemenuhan persyaratan sanitari dan fitosanitari, SPS Measure, sesuai yang dipersyaratkan negara  tujuan ekspor.
 
Saat ini, peminat produk kelapa sawit juga terus bertambah. Berdasarkan data  lalu lintas ekspor Karantina Pertanian Pekanbaru  untuk produk sawit  di tahun 2019 terdiri dari 25 negara dan kini produk kelapa sawitnya berhasil menembus 30 negara diantaranya negara New Zealand, China, Turki, Ukraina,  Estonia, Brazil, Uni Emirat Arab, Mexico, Belanda, Jepang, South Korea Selatan, USA dan lain-lain.
 
Ekspor Komoditas Lainnya
 
Tidak hanya produk kelapa sawit, Karantina Pertanian Pekanbaru juga rutin setiap bulannya melayani sertifikasi ekspor sub sektor perkebunan berupa kelapa bulat sebanyak  76,76 ribu ton dengan nilai ekonomis Rp. 219,21 miliar , santan kelapa sebanyak 17,48 ribu ton dengan nilai ekonomis Rp. 206,68 miliar dan komoditas sub sektor hortikultura berupa buah manggis sebanyak 9,7 ribu ton dengan nilai ekonomis Rp. 310,46 miliar di triwulan pertama tahun 2020. 
 
Sebelum Phytosanitary Certificate (PC) yang merupakan persyaratan negara tujuan ekspor ini diserahkan dilakukan serangkaian tindakan karantina guna memastikan komoditas  tersebut sehat dan aman di negara tujuan.
 
"Kita harus pastikan produk pertanian yang dilalulintaskan aman dan sehat supaya tetap terjamin akseptabilitasnya di dinegara mita dagang, untuk menambah devisa negara,” ujar Delfi
 
 
Penguatan Sistem Perkarantinaan
 
Dari tempat terpisah Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan),  Ali Jamil, menjelaskan meski dalam kondisi ekonomi yang melemah akibat wabah pandemi Covid-19,  secara nasional, tren sertifikasi ekspor produk kelapa sawit  juga meningkat, baik volume juga negara tujuan ekspornya. 
 
Menurut Jamil,  meningkatnya ekspor produk kelapa sawit dengan mampu bersaing  di pasar global  ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan, mengingat  masing-masing negara tujuan memiliki persyaratan teknis yang ketat. 
 
Untuk itu,  pihaknya selaku otoritas karantina terus lakukan penguatan kesisteman perkarantinaan, seperti fasilitas pemeriksaan baik sarana dan prasarana laboratorium serta kemampuan petugasnya untuk dapat memastikan kesehatan dan keamanan produk sesuai protokol ekspor negara mitra dagang. 
 
“Inilah adalah tugas kami untuk mengawal juga memastikan agar kesehatan dan keamanan produk pertanian  yang dilalulintaskan  harus dipenuhi sehingga terjamin dinegara tujuan, “ tutup Jamil.



Berita Lainnya