Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan


Menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yakni agar dipastikan pasokan bawang merah dan cabai ke DKI Jakarta pada Ramadhan dan Idul Fitri 2018 aman mencukupi,  Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengecek kesiapan produksi bawang merah dan cabai di Jawa Tengah, Kamis (12/4/2018).

Kebutuhan cabai selama bulan Ramadhan hingga Lebaran di DKI Jakarta yakni Mei-Juni 2018 untuk bawang merah sekitar 122 ton perhari dan aneka cabai berkisar 100 ton perhari.  Kebutuhan ini akan dipasok terutama dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur ” terang Suwandi.

Suwandi menegaskan  "kesiapan pertanaman kami cek dan pantau ke Jawa Tengah siap memasok ke Jakarta, diantaranya dari Brebes,  Demak, Pati  Grobogan, Magelang dan lainnya"

Salah satu areal bawang merah ada di Demak dengan sebaran berada di beberapa Kecamatan Gajah, Mijen, Demak, Dempet, Wedung dan Karanganyar.  "Demak  luas panen bawang merah Mei 2018 nanti 1.279 hektar dengan hasil 9.713 ton setara 312 ton perhari. Ini termasuk produksi yang cukup tinggi" ujar Ir. Wibowo Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak.

"Untuk cabai pada Mei nanti dipanen 105 hektare dengan produksi 239 ton setara pasokan 8 ton perhari" jelas Wibowo.


Sementara itu di Grobogan juga sudah menyiapkan  pertanaman siap dipanen pada  Mei-Juni 2018 untuk bawang merah 173 hektare dan cabai 119 hektare. 

"Dari luas panen tersebut Grobogan siap memasok bawang merah 25 ton perhari dan cabai 16 ton perhari" ungkap Imam Sudigdo, Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

Kurdi, petani champion bawang merah Kabupaten Grobogan mengatakan "disini bawang merah tersebar di Kecamatan Klambu, Penawangan, Ngangringan dan Tanggungharjo, produktivitas 8-9 ton perhektare dan harga di petani bagus berkisar 20.000-24.000 perkg. Ujarnya

"Para petani champion se Jawa Tengah siap memasok ke DKI dan usul agar ada lapak lapak di pasar DKI" pintanya.

Di Kabupaten Blora juga terdapat sentra cabai. Puji Ariyanto Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora mengatakan "produktivitas bawang merah di Blora 10 ton perhaktare dan siap memasok 6 ton perhari".

"Sedangkan untuk cabai produktivitasnya 9 ton perhektar dan siap pasok 8 ton perhari" terangnya.




Berita Lainnya