Buka Rakortek, Sekjen Kementan Minta Pejabat Kesekretariatan Tingkatkan Supervisi


Yogjakarta (11/12) -  Sekjen Kementerian Pertanian Hari Priyono secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Kesekretariatan Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2017 di Hotel Inna Garuda, Yogjakarta, Senin (11/12).  Dalam arahannya, Hari meminta para pejabat kesekretariatan lingkup Kementan untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas kesekretariatan. 

"Saya ingin menyampaikan tugas sekretariat adalah menangani 'back office'. Sebetulnya pekerjaan di kesekretariatan dari perencanaan hingga kepegawaian adalah pekerjaan yang sudah ada peraturannya, sehingga pekerjaannya sudah mekanistis. Tapi kalau tidak disupervisi atau diawasi secara ketat, maka akan muncul permasalahan dan keluhan dari stakeholder," papar Hari Priyono di hadapan sekitar 160 peserta Rakortek. 

Lebih lanjut, Hari Priyono mengungkapkan terdapat beberapa isu strategis kesekretariatan, seperti humas, perencanaan dan hukum. Isu-isu ini membutuhkan perhatian khusus dan dukungan tambahan. Karena itu, Hari Priyono mengusulkan perlu adanya strategi pengorganisasian, dengan membentuk Kelompok Kerja (POKJA) yang terdiri dari pejabat fungsional dengan maksimal anggota sebanyak 5 orang. 

Dalam kesempatan tersebut juga, Hari Priyono mengungkapkan pentingnya pejabat kesekretariatan untuk membangun komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan. Komunikasi yang intensif dibutuhkan untuk menyinergikan antara pimpinan dengan staf dalam hal membangun organisasi yang baik.




Berita Lainnya