Mentan: Tahun ini Tidak Ada Pakceklik


Jakarta (15/9) - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menyatakan bahwa tahun ini tidak ada masa pakceklik, "Insya Allah tidak ada paceklik ", kata Menteri Amran usai melantik 5 pejabat eseon II di lingkup Kementerian Pertanian.

Mentan menyatakan bahwa tahun ini tidak ada masa paceklik karena jauh hari Kementerian Pertanian sudah mengantisipasinya dengan melakukan berbagai upaya melalui program jangka panjang dan jangka pendek.

Untuk jangka pendek dengan membuat sumur pantek dan pompanisasi air sungai di wilayah potensial, penyediaan benih unggul tahan kekeringan, pengaturan pola tanam, minimalisir risiko kekeringan, penyediaan asuransi usaha tani dan menggenjot pertanaman di lahan rawa, lebak, pasang surut, Sedangkan jangka panjang melalui program  perbaikan irigasi, bantuan alsintan, pembangunan embung, pengembangan tata air mikro di lahan rawa dan pasang-surut, dan bantuan benih tahan kekeringan untuk mengantisipasi potensi kekeringan dan menghindari penurunan hasil produksi petani.

Untuk menjamin ketersediaan air irigasi, Kementan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait pembangunan bendungan, DAM, jaringan irigasi primer dan sekunder serta melakukan normalisasi sungai, serta pembangunan irigasi tersier 3,0 juta hektar.

Sedangkan untuk penyediaan air irigasi secara berkelanjutan Kementan juga turut bekerja sama dengan Kementerian Desa dan PDT dalam pembangunan embung di seluruh Indonesia. Di tahun 2017 pemerintah menargetkan akan membangun minimal 11.000 embung dari total 30.000 embung dengan jangkauan 1,5 juta ha hingga 2 juta ha, bahkan untuk mendukung ketersediaan air pada lahan pertanian, Amran telah menyiapkan puluhan ribu pompa air untuk pengairan sawah seluruh Indonesia

Mentan menambahkan bahwa memasuki masa tanam yang tinggal 2 minggu lagi ini harus dikawal dan jaga ketat agar berjalan dengan baik. "Masa kritis itu Juni sampai Desember dan ini harus diamankan", kata Mentan.

Sampai saat ini walau ada beberapa wilayah mengalami kekeringan, stok beras aman. "Saya sudah minta agar BPTP mengawal serangan hama dan tidak lengah karena tiga bulan ini sangat genting", tegas Amran

Ke depan petani akan semakin maju, pola pertanian modern, petani tidak menjual gabahnya  lagi tapi nantinya jadi beras. Polanya saham petani 49 persen, benih dia buat sendiri dan ini diasuransikan sendiri dan BUMN sebagai pembina 51 %. Petani  semua akan gunakan alsintan, sehingga yang tadinya biaya  2 juta bisa jadi  1 juta, ada penghematan pengeluaran. Semua bisa akses bank karena  yang ambil berupa korporasi, berupa sekelompok petani dikorporasikan/kelompok tani besar dan ada Rmunya sehingga patahan semakin kecil.

Menurut data Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, Ditjen Tanaman Pangan, Kementan tercatat luas kekeringan pada pertanaman padi Musim Kemarau 2017 (periode April – Agustus) hanya  5.379 ha. "Jumlah ini hanya 0,11% dari total keseluruhan areal tanam pada periode yang sama 4.869.051 ha" papar Mentan.




Berita Lainnya