Tindak Tegas PT IBU, Pemerintah Pasti Berdasarkan Pertimbangan Matang


Jakarta — Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba, meyakini pemerintah takkan mungkin menindak PT Indo Beras Unggul (IBU) tanpa pertimbangan matang. "Pemerintah mengambil kebijakan itu tidak sembarangan. Pasti berdasarkan pertimbangan-pertimbangan," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Jumat (4/8/2017) malam. Senator asal Sumatera Utara ini pun berkeyakinan, tindakan tegas tersebut berdampak positif pada tata niaga pangan, khususnya bisnis beras. "Tindakan tegas tersebut seperti shock therapy. Ini perlu juga, sehingga tetap bekerja untukbkepentingan rakyat," jelasnya.

Karenanya, Parlindungan mendukung penuh menyelesaian kasus PT IBU, anak usaha PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food, melalui ranah hukum. "Biarlah hukum yang membuktikan pasti ada nanti fakta-fakta di pengadilan," yakin mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) itu.

Perbaiki Tata Niaga

Di sisi lain, Parlindungan berharap, pemerintah mengambil momentum dari kasus tersebut dengan menyosialisasikan aturan-aturan terkait kepada perusahaan pangan. "Supaya ini jangan sampai terulang kembali. Ini sebagai pembelajaran bagi semua," ucapnya. Sehingga, para pengusaha 'nakal' dapat memperbaiki pola berbisnisnya, agar sesuai rambu-rambu yang telah ditetapkan pemerintah.

Mantan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sumut itu mengusulkan demikian, mengingat beras adalah pangan pokok rakyat Indonesia. Sehingga, bernilai strategis dan penanangannya harus komprehensif, baik dari segi harga, gizi, dan lainnya. Dengan demikian, pungkas Parlindungan, "Masyarakat tidak sampai dirugikan."




Berita Lainnya