Mentan Akan Optimalkan Lahan Perhutani di Daerah Penyangga Pangan DKI Jakarta


Aceh -  "Kita perkuat daerah penyangga pangan untuk wilayah DKI Jakarta, mulai Karawang, Banten, Sukabumi, Banten dan daerah penyangga lainnya,  jika Hakarta selesai, maka Jawa Barat dan Jawa Timur akan bisa selesai demikian kata Amran Sulaiman dalam acara silaturahmi dengan gubernur, walikota, dan bupati wilayah perbatasan dan jabodetabek yang diselenggarakan di Hotel Hermes, Banda Aceh (5/5)

Amran menambahkan, "kami akan kumpulkan data info tani berapa luas perhutani disekitar wilayah penyangga yang akan bisa kita manfaatkan untuk luas tambah tanam jagung, karena kami butuh 1 juta hektar untuk seluruh Indonesia, untuk itu saya akan mengundang direksi Perhutani, PTPN dan BUMN untuk rapat pada hari Selasa dan kita akan langsung ambil keputusan".
 
Setelah beras, cabe dan bawang pemerintah saat ini tengah bekerja dalam peningkatan produksi jagung. Amran melihat potensi lahan perhutani di daerah penyangga, belum dioptimalkan,  untuk meraih swasembada jagung, untuk itu beliau menjanjikan kepada bupati maupun walikota yang hadir dalam pertemuan tersebut, alat dan mesin pertanian, bibit serta pupuk.
 
Upaya swasembada jagung sudah dilakukan pemerintah diantaranya dengan pengembangan pertanian didaerah perbatasan, mulai dari Entikong, Belu dan  Merauke. Wilayah perbatasan ini nantinya selain  memenuhi kebutuhannya sendiri juga mampu lakukan ekspor seperti yang Mereuke yang mampu mengekspor beras ke Papua Nugini.




Berita Lainnya