Mentan Subsidi Benih Padi Hibrida untuk 5 Juta Hektar Sawah


Ngawi - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berjanji akan memberikan bantuan benih padi hibrida sembada untuk 5 juta hektar sawah kepada petani.

Demikian disampaikan Menteri Amran usai melakukan panen raya padi jenis hibrida sembada di Desa Ngompro, Kecamatan Pangkur, Ngawi, Kamis (26/10/2016).

Selain benih padi gratis, pemerintah melalui Menteri Pertanian juga akan memberi bantuan subsidi benih padi hibrida minimal 1 juta hektar dan maksimal 4 juta hektar sawah.

"Ini untuk seluruh Indonesia. Karena lima juta hektar. Ini benih hidup. Saya berharap tidak boleh beli benih sembarangan," tegas Andi Arman Sulaiman kepada media, Kamis (27/10/2016).

Diharapkan dengan menanam padi dari jenis hibrida sembada ini, panen petani bisa mencapai minimal 8 ton per hektar.

"Kita kejar standar nasional yang hanya panen sekitar 3 ton per hektar. Maka dengan benih jenis hibrida ini kita bisa panen minimal 8 ton per hektar," kata Andi lagi.

Ditegaskan Andi, salah satu upaya untuk meningkatkan swasembada pangan, pemerintah akan membuka lahan baru di semua perbatasan negara di 44 kabupaten di seluruh Indonesia. Ini dilakukan untuk mempermudah ekspor beras ke negara tetangga.

Jika selama ini negara lain mengekspor beras ke Indonesia memakan waktu beberapa hari, maka diharapkan dengan membuka lahan di daerah perbatasan, maka Indonesia bisa mengekspor beras ke negara tetangga dalam sekejap saja.

"Ya kita ekspor beras cukup dilempar saja sudah sampai," canda dia.(dna/dna)

 Sumber: https://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3330994/mentan-subsidi-benih-padi-hibrida-untuk-5-juta-hektar-sawah




Berita Lainnya