Mentan Motivasi CPNS Kementan Bekerja Baik dan Berintegritas


Jakarta – Menteri Pertanian menerima sebanyak 795 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta (11/02). Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan pembekalan berupa motivasi dan wejangan kepada CPNS yang telah lolos seleksi pada acara Pembekalan dan Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pertanian Formasi Tahun 2018.
 
“Saya ucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah diterima menjadi CPNS di Kementerian Pertanian Formasi  Tahun 2018” ujar Amran.
 
“Setelah melalui seleksi yang ketat, objektif dan transparan hari ini kalian berhasil bergabung dalam keluarga besar Kementerian Pertanian. Dari 28.420 orang pelamar, hanya 795 orang yang diterima, ini artinya kalian orang-orang pilihan” ujar Amran.
 
Dalam sambutannya, Amran menyampaikan bahwa untuk sukses sebagai pegawai harus dapat mengubah mindset (pola pikir), berdisiplin tinggi, petarung dan pantang menyerah terhadap tugas yang diberikan pimpinan, bekerja dengan sungguh-sungguh, dan belajar tanpa henti untuk menemukan inovasi-inovasi teknologi di bidang pembangunan pertanian.
 
“Saya berharap seluruh rangkaian pembekalan dan orientasi CPNS ini dapat mengubah pola pikir, pola tindak, dan lingkungan kerja CPNS menjadi Aparatur Kementerian Pertanian yang profesional dan bertanggungjawab” tegas Amran.
 
Amran juga menyampaikan harapannya agar para CPNS tersebut dibina dengan baik agar menjadi generasi penerus untuk sektor pertanian di masa-masa mendatang. “Saya yakin bahwa kalian yang berada disini merupakan putra/putri terbaik bangsa, tugas besar menanti anda disini. CPNS baru, harapan baru untuk untuk mencapai lumbung pangan dunia” ujar Amran.
 
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan, Abdul Halim menyampaikan bahwa sebanyak 795 orang CPNS yang hadir ini terdiri dari formasi khusus, tamatan S1 dan S2, yang sebelumnya telah mengikuti seleksi kompetensi dasar dan telah memenuhi passing grade.
 
“Total 28.420 jumlah pelamar online yang tersaring hanya 795 orang. Mereka ini terdiri dari 77 orang lulusan cumlaude/lulusan terbaik, 14 orang penyandang disabilitas, 14 orang putra/putri dari Papua dan Papua Barat, dan 690 orang posisi umum” ujar Halim.
 
Halim melanjutkan, nantinya para CPNS tersebut akan ditempatkan di masing-masing direktorat sesuai dengan formasi yang mereka lamar saat mendaftar. Para CPNS yang diterima hari ini akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogor. “Mereka akan mendapatkan orientasi selama 2 hari yaitu pengarahan umum dan 2 hari dibina secara teknis di masing-masing Eselon 1” tegas Halim.
 
Sebagai informasi, nantinya para CPNS tersebut akan disebar di 11 unit eselon 1 diantaranya Sekretariat Jenderal 46 orang, Inspektorat Jenderal 10 orang, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan sebanyak 25 orang, Direktorat Jenderal Perkebunan 61 orang, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian 18 orang,  Direktorat Jenderal Hortikultura 13 orang, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan 97 orang, Badan Ketahanan Pangan 17 orang, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian 77 orang, Badan Litbang Pertanian 211 orang, dan Badan Karantina Pertanian 220 orang



Berita Lainnya