Kemudahan Menggunakan Aplikasi SAPA Mektan


Serpong - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) baru saja melaunching aplikasi pelayanan pengujian alat dan mesin pertanian (alsintan) berbasis android pada akhir tahun 2018 yang lalu. Aplikasi ini diberi nama SAPA Mektan.

SAPA Mektan adalah aplikasi pelayanan pengujian alat mesin pertanian, aplikasi berbasis android ini digunakan untuk memberikan kemudahan layanan administrasi pengujian alat dan mesin pertanian di BBP Mektan. Aplikasi ini akan mempermudah pelanggan pengujian alsintan untuk mendapatkan informasi tentang prosedur layanan pengujian dan melakukan permohonan pengujian secara online.

Permohonan pengujian alsintan yang dapat dilayanani oleh BBP Mektan melalui aplikasi SAPA Mektan ini meliputi pengujian traktor roda 2 dan traktor roda 4, pengujian pompa irigasi, pengujian alsintan panen, pasca panen dan pengolahan hasil dan pengujian sprayer. SAPA Mektan adalah aplikasi yang akan mempercepat pemohon uji untuk mengajukan permohonan uji. Aplikasi ini dapat memonitoring progress dari setiap tahapan pengujian.

Untuk mendapatkan aplikasi pelayanan pengujian atau SAPA Mektan caranya sangat mudah karena aplikasi ini sudah tersedia pada google playstore atau dapat mengakses link https://play.google.com/store/apps/details?id=bpp.penguji.lab.alsintan

Berikut beberapa kemudahan yang bisa didapat dari permohonan pengujian alsintan menggunakan aplikasi SAPA Mektan yaitu 1). Mempercepat proses pengajuan pengujian alat, dengan menggunakan aplikasi SAPA Mektan ini dapat meningkatkan perfoma proses pengajuan alsintan karena sistem sudah terkomputerisasi; 2). Ketika mengajukan permohonan pengujian alsintan maka diwajibkan melampirkan data dan mengirimkan ke sistem sehingga mempermudah penyimpanan dan pengambilan dokumen serta kelengkapan pengujian; 3). Dapat melakukan pengajuan dimana saja karena dapat dilakukan secara online tanpa antri; 4). Monitoring pengajuan salah satu kemudahan lain yang hadir dalam aplikasi SAPA Mektan yaitu ketersediaan notifikasi atau pemberitahuan progress pengajuan pengujian secara online baik melalui PC maupun android.

Informasi tarif pengujian alsintan juga dapat dilihat dalam aplikasi SAPA Mektan melalui menu tarif PNBP. Standar biaya belayanan pengujian alat dan mesin pertanian ini Sesuai PP RI, No : 35, TAHUN 2016, tentang Tarif PNBP yang berlaku di Kementerian Pertanian. (Wira)




Berita Lainnya