Mentan Amran Beri Kuliah Umum di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh


 Payakumbuh - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman memberikan kuliah umum di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Sumatera Barat, Selasa (2/10). Pada kesempatan tersebut, Mentan Amran mengajak mahasiswa untuk menjadi wirausaha muda atau konglomerat muda di sektor pertanian.


“Kami ingin mengajak adik-adik mahasiwa menjadi pengusaha muda. Dari 10 konglomerat di Indonesia, 8 orangnya bergerak di sektor pertanian. Jadilah pengusahan yang jujur, tidak korupsi. Jika mau kaya, maka masuklah di sektor pertanian,” demikian ajak Amran kepada seluruh mahasiswa yang kumpul di Aula Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Amran menjelas peluang generasi muda menjadi pelaku usaha sukses di sektor pertanian sangat terbuka lebar. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam yang sangat kaya. Lahan pertanian pertanian sangat luas dan subur sehingga jika dikelola dengan serius mampu mengahasilkan pangan yang berkualitas untuk menghidupi dunia.

"Kita ini negara kaya, masa depan indonesia ada ditangan anak muda, aku ingin ada anak muda dari Politeknik ke depan mampu jadi konglomerat di Indonesia. Mulai saat ini belajar, minimal 10 jam setiap hari,” tegasnya.

Amran menambahkan pembangunan pertanian saat ini telah banyak menorehkan kemajuan. Swasembada pangan strategis seperti padi, jagung, bawang merah, dan cabai telah dicapai bahkan telah diekspor. Telur pun telah tembus pasar Jepang dan baru ini telah dilakukan ekspor manggis dari Ranah Minang ke China.

“Saya baru dari Lima Puluh Koto, ada anak muda yang berhasil menjadi eksportir hortikultura, ini membuktikan bahwa anak muda mampu tampil sebagai pengusaha sukses,” bebernya.

"Untuk sukses, seorang anak muda harus jadi petarung, harus punya mimpi besar, ciptakan lapangan kerja,” sambung Amran.



Berita Lainnya