Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik 2017


Palembang, (22/11) - Dalam rangka meningkatkan integrasi dan koordinasi Kementerian/Lembaga di pusat dengan Pemda provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan dan pengembangan komunikasi dan informasi publik, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika melaksanakan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017 di Palembang, 21-24 November 2017 dengan tema Mewujudkan Masyarakat Informasi di Era Digital dan Sukseskan ASEAN Games 2018.

Dalam sambutannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur mengatakan, “apabila humas pemerintah sebagai pengelola komunikasi dan informasi publik tidak kreatif dan inovatif, maka akan ditinggal oleh masyarakat.”
Karena itu, humas pemerintah tidak bisa lagi berada di zona nyaman tetapi harus segera bertransformasi ke zona kompetitif.

Selain itu, humas pemerintah tidak bisa lagi mengelola komunikasi publik dengan cara-cara biasa tetapi harus semakin kreatif dan inovatif. 
Sebagai humas pemerintah, tidak bisa lagi berpuas diri dengan capaian kinerja saat ini, tetapi harus terus memacu diri untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri seiring dengan tuntutan dan perkembangan zaman. 

“Sebagaimana arahan Bapak Presiden Humas Pemerintah diharapkan mampu mengkomunikasikan dan mendiseminasikan secara tertib berbagai keberhasilan capaian kinerja pemerintah,” tegas Menpan.

Dalam kegiatan ini, yang tidak kalah menarik adalah kelas media sosial dan kehumasan yang diisi oleh berbagai narasumber handal di bidangnya seperti Johan Budi, Donny B. Utoyo, dan Nukman Luthfie yang masing-masing memaparkan mengenai pentingnya pemanfaatan media sosial dalam mendesiminasikan program dan kebijakan pemerintah.

Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam SIAK Tahun 2017 ini meliputi:
1. Forum Bakohumas
2. Temu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tingkat Nasional
3. Temu Blogger
4. Pameran produk Humas, KIM, produk teknologi informasi dan komunikasi, serta pos dan telekomunikasi (postel). 
5. Dan ditutup dengan Anugerah Media Humas dan Apresiasi Festival Media Pertunjukan Rakyat.

Seluruh peserta kegiatan SIAK Tahun 2017 ini kurang lebih 3500 orang, yang terdiri atas Dinas/Instansi/Badan Kominfo se-Indonesia, Humas Pemerintah Provinsi/ Pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia, BUMN, KIM, para seniman, Kelompok pertunjukan rakyat, Komunitas Blogger.




Berita Lainnya