Budidaya Mangga Off Season Disiapkan Untuk Tingkatkan Agribisnis Buah Nusantara


Pasuruhan (6/11) - Guna meningkatkan gairah agribisnis buah nusantara juga dilaksanakan temu bisnis yang dihadiri oleh semua pelaku agrinisnis mangga yaitu petani/pengusaha mangga, calon petani, perusahaan packaging, serta pasar modern. Hadir dalam kesempatan tersebut juga Pemda beberapa Provinsi dan Kabupaten, Perguruan Tinggi. 

Hadirin sangat antusias untuk mengembangkan kedua varietas mangga yang baru saja di launching dan juga buah tropika lainnya.  

Dalam temu bisnis tersebut, masukan bagi para peneliti untuk para petani untuk mendapatkan mangga yang manis di pohon sesuai dengan preferensi konsumen. Komitmen Pemda dan juga Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian dalam mengembangkan wilayah yang berpotensi untuk mangga perlu dihimpun.

Petani dan pengusaha antusias untuk menanam dalam skala luas, perusahaan packaging dan pasar modern untuk retail masih kekurangan pasokan mangga dan sangat antusias, serta media membuka diri untuk mempromosikan.  Tunggu apa lagi? Yang diperlukan adalah kemauan untuk bersinergi mengembangkan Buah Tropis Nusantara. 

Selain itu juga dikenalkan 208 aksesi mangga lokal yang ada di Indonesia, 135 aksesi hasil silangan, serta 104 aksesi dalam tabulamplot.  Beberapa hal terkait budidaya mangga off season, teknik budidaya dengan high density planting, top working tanaman, serta serba serbi olah mangga telah diperkenalkan. 

Pengunjung sangat antusias, hampir 1000 tamu hadir dari seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai motivasi seperti menambah pengetahuan, mencari peluang usaha, menambah materi pengajaran, bahkan hobby.




Berita Lainnya