Di Tengah Perjalanan Kunker ke Bangkalan,Mentan Tiba Tiba Berhenti Saat Lihat Tenda Besar


Sampang - Menteri Pertanian Amran Sulaiman tiba-tiba berhenti di tengah jalan dalam kunjungan kerjanya dari Sumenep menuju Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (6/6/2017) siang.

Amran terkejut dan langsung mendatangi sebuah tenda besar bertuliskan lahan tambah tanam. Perhentian yang tak ada dalam daftar kunker-nya.

Ditengah jalan antara Sumenep menuju Sampang, tepatnya di desa Jrengik, kontan saja perhentiannya membuat beberapa orang yang sedang melakukan rapat terkejut.

"Saya kok melihat ada yang kurang ini," katanya kepada Plt Bupati Sampang, Fadhil Budiono.

Pandangan mata Amran langsung tertuju ke lahan sawah yang mulai mengering. Dia pun menanyakan kondisi lahan tambah tanam tersebut.

"Ini tadah hujan sawahnya pak Menteri," kata Fadhil dan membuat Amran langsung geleng-geleng.

"Ada sungai di sini? Jaraknya jauh tidak?," ucap Amran langsung dijawab dengan lugas oleh Fadhil, "Ada 200 meter pak.”

Respons cepat langsung ditunjukkan Menteri asal Sulawesi Selatan  tersebut dan seketika memanggil anak buahnya. Amran meminta agar Kementan mengirimkan 10 pompa air untuk menyedot air sungai menuju persawahan.

"Kalau tunggu hujan sekali setahun. Ini sumber air dekat, nanti sebelum subuh saya minta  pompa airnya sudah datang ke sini,” tegas Amran.

Menurut Amran, dengan adanya pompa air maka air sungai bosa langsung dibawa ke sawah tadah hujan tersebut.

"Jangan cuma sekali panen, nanti kalau ada pompa air bisa dialiri sawah ini, jadi bisa panen sampai tiga kali setahun, kami bantu pak Bupati," ujarnya.

Amran menegaskan, langkah yang dilakukannya merupakan pesan langsung dari Presiden untuk hadir di tengah masyarakat Indonesia, apalagi saat membutuhkan.

"Saya tidak mau janji, ini sesuai pesan bapak Presiden, saya langsung realisasikan kebutuhan akan pompa air ini," tandasnya.

Sontak warga dan pejabat Pemkab Sampang bersorak dan bertepuk tangan dengan respon cepat Amran tersebut. Mereka percaya dan yakin komitmen untuk Indonesia Swasembada Pangan diwujudkan benar-benar oleh pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.




Berita Lainnya