Dua Inovasi UPT Kementan Raih Penghargaan Nasional


Gresik - Inovasi PRIOQ KLIK dari Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok dan Ini Mobil Siani dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya wakili Kementerian Pertanian raih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 tingkat nasional di Gresik, Jatim (20/5). Asman Abnur, Menteri PANRB yang menyerahkan penghargaan secara langsung, menyampaikan bahwa tidak mudah meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. "Harus bersaing dengan 3.054 inovasi lain dan melewati tahapan seleksi administrasi, juga penilaian tim panel independen,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kementerian PANRB sejak tahun 2014 mengadakan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik bagi pemerintah daerah, kementerian/lembaga serta BUMN. Tujuannya untuk mewujudkan program One Agency, One Innovation yang mewajibkan K/L dan Pemerintah Daerah untuk menciptakan minimal satu inovasi setiap tahunnya. Kementerian Pertanian sebelumnya pernah mendapat penghargaan inovasi tersebut pada 2014 sebanyak lima inovasi. Untuk kategori kementerian/lembaga, tahun 2017 Kementan memperoleh dua penghargaan inovasi sekaligus.

Inovasi PRIOQ KLIK dari karantina memberikan kepastian pelayanan permohonan pemeriksaan karantina hanya dengan satu klik, transparan dan akuntabel tanpa harus menunggu. Sedangkan Ini Mobil Siani adalah sahabat setia petani, yang memberikan pelayanan benih unggul dan konsultasi pertanian langsung di dalam mobil dengan sistem jemput bola. Abdul Halim, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian Pertanian yang juga turut menyaksikan penyerahan penghargaan di Gresik, menyampaikan bahwa penghargaan terhadap dua inovasi ini bukan tujuan akhir. Tujuan inovasi untuk memberikan pelayanan pada petani, mensejahterakan petani dan menjaga kekayaan alam hayati untuk masa depan pertanian kelak. "Inovasi ini harus bisa direplikasi dan mampu menginspirasi UPT lain untuk terus memberi pelayanan terbaik,” harapnya.

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017 kali ini dibagi menjadi empat kategori inovasi yaitu pertama, kategori tata kelola pemerintahan, yang meliputi salah satu atau lebih unsur partisipasi, akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, kualitas regulasi, penegakan hukum, ketertiban sosial, dan kontrol terhadap korupsi dalam pelayanan publik. Kedua, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Ketiga, perbaikan kesejahteraan sosial dalam penyelesaian masalah - masalah sosial, dan keempat, pelayanan langsung kepada masyarakat yaitu pelayanan yang dilaksanakan melalui kontak langsung dengan masyarakat yang manfaatnya dirasakan langsung. PRIOQ KLIK masuk dalam kategori keempat, sedangkan Ini Mobil SIANI masuk dalam kategori ketiga. Setelah mendapatkan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik, PRIOQ KLIK dan Ini Mobil SIANI sedang mengikuti penilaian untuk meraih Top 40 yang penghargaan yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi awal Agustus 2017 mendatang.




Berita Lainnya