Sidak ke Marunda, Mentan dan Wakapolri Grebek Penimbun Bawang Putih


Sidak Ke Merunda, Mentan dan Wakapolri Grebek Penimbun Bawang Putih

Bekasi - Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Syafruddin beserta jajaran dalam sidak di gudang Merunda menemukan bawang putih yang sengaja ditimbun.
"Hari ini kami temukan 182 ton bawang putih yang sengaja ditimbun oleh importir, minggu lalu dalam sidak kepasar kami masih temukan harga bawang putih 45.000/kg, padahal sebelumnya dalam pertemuan dengan 42 importir di kantor Kementerian Perdagangan, sudah kami sampaikan agar tidak ada penimbunan, dan harga jual dibawah 38.000/kg. Untuk itu hari bersama tim satgas pangan bergerak cepat  kembali kelapangan".Kata Amran.(17/9). 

Terkait ditemukannya importir penimbun pangan, Amran menambahkan" saya tadi subuh sudah berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan, importir penimbun ini, ijin akan dicabut, dan rekomendasi dari Kementerian Pertanian tidak akan kami berikan, dan untuk hari ini masuk ke Pasar Induk Kramat Jati sebanyak 2 kontainer setara 29 ton, harga bawang putih ini akan dijual dengan harga 25.000/kg, tidak ada lagi alasan harga pangan pokok naik dan bergejolak, beras ada 2.2 juta ton, cabai ditingkat petani 11.000 - 12.000/kg, begitupun bawang putih, minyak goreng kami stok ada 1.2 juta liter,"tegas Amran.

Sementara itu Wakapolri Syafruddin ketika diminta pendapat menyatakan,"gejolak harga dipasar akibat yang melakukan adalah kartel pangan, untuk itu akan kita antisipasi dan kita tangani tidak hanya bawang putih, semua unsur menyangkut pangan akan kita bentuk satgas dan menjelang ramadhan ini, satgas pangan akan kami tingkatkan dua kali lipat.

Untuk meredam gejolak harga bawang putih jelang ramadhan dan hari raya idul fitri, Amran tambahkan
 "Setiap hari akan ada 2 kontainer yang akan masuk hingga ramadhan akan ada 9.000 ton bawang putih".




Berita Lainnya