Mentan Untuk Kesekian Kalinya Terima Penghargaan, Kali ini Bersama Panglima TNI diberikan ol�h KTNA


Aceh – (5/5) Menteri Pertanian sudah beberapakali terima penghargaan kali ini bersama Panglima TNI dianugerahi Lencana Adhi Bhakti Tani oleh Ketua Nelayan Utama oleh KTNA Nasional. Peghargaan ini diberikan kepada kedua tokoh ini karena saat ini Indonesia sudah mencapai kemajuan pesat di bidang pertanian, bahkan beras sudah swasembada.

Sebelumnya Mentan dalam sambutannya menyampaikan bahwa  ketahanan negara ditentukan oleh ketahanan pangan, saat ini stok di bulog sudah 2.2 juta ton, di Jakarta sudah ada 400.000 ton, dan jelang Ramadhan dan Lebaran alhamdulillah tidak ada gejolak harga, jika ada pangan yang harganya naik, maka ada yang tidak benar, dan kami sudah berkoordinasi dengan Kapolri dan instansi terkait untuk lakukan pengawasan secara intensif.

Terkait ketahanan pangan, Mentan kembali menghimbau para Bupati untuk jadi petarung yaitu memanfaatkan lahan-lahan diperbatasan untuk ditanam padi maupun jagung, selain untuk kebutuhan juga memiliki potensi untuk ekspor, "jika kita mampu banjiri negara tetangga dengan produk kita, Insya Allah kita akan dikenang selamanya, kata dia.

Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, "petani dan nelayan adalah manusia-manusia pahlawan bagi negara karena pertumbuhan ekonomi indonesia 5.02 % tahun 2016 adalah dari sektor, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan dan petani dan nelayan bekerja mewujudkan ketahanan pangan.

Gatot mengingatkan saat ini kompetisi global terjadi, perlombaan ekonomi besar besaran, bukan lagi persaingan antar negara tetapi perlombaan antar manusia, maka yang terjadi adalah migrasi besar besaran manusia untuk mendapatkan daerah-daerah yang lebih menjanjikan secara ekonomi dan ini  berpotensi terjadinya penjajahan secara ekonomi, jika ini terjadi nelayan dan petani akan terancam. Solusinya menurut Gatot diperlukan pembinaan baik bagi nelayan maupun petani, selain untuk ketahanan pangan juga untuk kesejahteraan.

Hadir dalam acara ini Gubernur Aceh Darussalam dan para ketua KTNA dari seluruh propinsi.




Berita Lainnya