Mentan Sidak Ke Pasar Induk Cipinang, Harga Beras Stabil dan Stok Aman


Jakarta,- Menteri Pertanian(Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Beras Induk Cipinang, Senin (6/2) guna mengetahui secara langsung posisi harga dan stok beras. Berdasarkan hasil pantauan, harga beras medium kualitas 3 varietas IR 64 di pasar induk tersebut Rp 7.500 per kg.

Mentan menjelaskan harga beras tersebut dalam posisi stabil dan lebih murah dibanding harga pada waktu yang sama di tahun sebelumnya yang mencapai Rp 8.600 per kg.

"Harga beras sekarang stabil dan murah dibanding tahun lalu selisihnya mencapai Rp 1.000 per kilogram. Padahal tahun ini impor kita tutup," jelas Mentan saat melakukan sidak.

Sementara itu terkait stok beras, Direktur Utama PT. Food Station Tjipinang Jaya, Arif Prasetyo mengatakan pemasukan beras di Pasar Induk Cipinang saat ini cukup tersedia sehingga mampu menyuplai kebutuhan atau permintaan pasar-pasar yang ada di wilayah Jakarta, Depok bahkan Tangerang. 

"Stok beras per 6 Februari 2017 mencapai 33.000 ribu ton dengan pemasukan per harinya 2.500 hingga 3.000 ton. Sebelumnya, stok beras per 31 Januari 2017 sebesar Rp 36,39 ton dan per 1 Februari 2017 sebanyak Rp 35,92 ton," kata Arif.


Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi Indonesia (PERPADI), Nellys Sukedi mengungkapkan harga beras saat ini Rp 7.500 hingga 7.800 per kg untuk kelas medium. "Produksi di penggilingan dan stok di pasar induk cukup," ungkapnya.

Ayong, salah seorang pedagang beras menegaskan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang saat ini banyak sehingga mampu memenuhi permintaan. Beras yang masuk sebagian besar dari Jawa Barat yaitu Karawang, Subang, Bandung, Cirebon dan Indramayu. 

"Stok beras saat ini di produsen dan penggilingan padi banyak sehingga tidak kami khawatir akan kekurangan pasokan. Pasokan beras setiap harinya mencapai 15 hingga 30 ton," tegasnya.




Berita Lainnya