Mentan Klaim Telah Potong Rantai Pasokan Daging


Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim telah memutus rantai pasokan daging atau supply chain sebanyak empat rantai untuk penjualan daging di pasar. Pemutusan rantai ini dilakukan sebagai upaya menekan disparitas harga dari produsen ke konsumen.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengungkapkan telah memotong rantai pasok dari delapan rantai menjadi empat rantai. Perubahan harga pun, menurutnya, sudah bisa dinikmati di masyarakat.

"Dulu daging rantai daging rantai delapan, tinggal empat. Dari petani, pengepul, pengusaha Jakarta melalui Bedikari, lalu konsumen. Ini empat sudah hilang," jelas Amran saat ditemui di Operasi Pasar, Jalan Sunda, Sebelah Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2016).

Amran menyebutkan, meskipun tidak bisa merubah disparitas itu secara cepat, dirinya janji akan memperkecil disparitas tersebut.

"Tidak bisa ekstrem. Semua seperti jagung, beras, kedelai, polanya sama. Struktur pasar yang harus kita ubah," jelas dia.

Amran Sulaiman menegaskan selama ini disparitas harga membuat harga tinggi. Hal ini yang akan diatasi oleh pemerintah.

"Disparitas Harga tinggi karena supply chain panjang. Hal ini karena orang mempermainkan semua komoditas seperti jagung, daging, beras," pungkas dia.




Berita Lainnya