Mentan Subsidi Benih Padi Hibrida untuk 5 Juta Hektar Sawah

Update Tanggal : 28 October 2016 , ASI

news

Ngawi - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berjanji akan memberikan bantuan benih padi hibrida sembada untuk 5 juta hektar sawah kepada petani.

Demikian disampaikan Menteri Amran usai melakukan panen raya padi jenis hibrida sembada di Desa Ngompro, Kecamatan Pangkur, Ngawi, Kamis (26/10/2016).

Selain benih padi gratis, pemerintah melalui Menteri Pertanian juga akan memberi bantuan subsidi benih padi hibrida minimal 1 juta hektar dan maksimal 4 juta hektar sawah.

"Ini untuk seluruh Indonesia. Karena lima juta hektar. Ini benih hidup. Saya berharap tidak boleh beli benih sembarangan," tegas Andi Arman Sulaiman kepada media, Kamis (27/10/2016).

Diharapkan dengan menanam padi dari jenis hibrida sembada ini, panen petani bisa mencapai minimal 8 ton per hektar.

"Kita kejar standar nasional yang hanya panen sekitar 3 ton per hektar. Maka dengan benih jenis hibrida ini kita bisa panen minimal 8 ton per hektar," kata Andi lagi.

Ditegaskan Andi, salah satu upaya untuk meningkatkan swasembada pangan, pemerintah akan membuka lahan baru di semua perbatasan negara di 44 kabupaten di seluruh Indonesia. Ini dilakukan untuk mempermudah ekspor beras ke negara tetangga.

Jika selama ini negara lain mengekspor beras ke Indonesia memakan waktu beberapa hari, maka diharapkan dengan membuka lahan di daerah perbatasan, maka Indonesia bisa mengekspor beras ke negara tetangga dalam sekejap saja.

"Ya kita ekspor beras cukup dilempar saja sudah sampai," canda dia.(dna/dna)

 Sumber: http://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3330994/mentan-subsidi-benih-padi-hibrida-untuk-5-juta-hektar-sawah

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

Beras Premium di Supermarket Capai Rp. 25.000 per Kg
24/07/2017
news

Jakarta - Masyarakat Peduli Pangan (MAPAN) menerjunkan tim investigasi guna mengecek harga beras premiun yang dijual di Supermaket, Minggu (23/7/2017). Hasilnya, harga beras premium….

DPR Apresiasi Satgas Pangan Berhasil Ungkap Mafia Beras
23/07/2017
news

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengapresiasi keberhasilan Satgas Pangan yang berhasil mengungkap tindakan mafia beras dengan mengoplos beras medium kedalam kemasan premium….

Kemandirian Suatu Bangsa Dapat Terbangun Melalui Pangan

Mentan Tegaskan Ketersediaan Pangan Strategis Jelang Idul Fitri Aman

Indonesia Berdaulat Pangan, Hari ini Tidak Ada Satu Biji Jagung Masuk Indonesia

Di Tengah Perjalanan Kunker ke Bangkalan,Mentan Tiba Tiba Berhenti Saat Lihat Tenda Besar

Kartu Tani, Era Baru Sejahterakan Petani Indonesia

Harga Beras Turun di Bulan Ramadhan

BPK: Kemetan Raih WTP Dengan Kerja Keras dan Sesuai Peraturan